Tim Pusat Pendidikan Pertanian Kementan Field Trip di Peternakan Melbourne Polytechnic

By Abdi Satria


nusakini.com-Melbourne-Tim Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian melakukan Field Trip di Teaching Factory/Farm (TEFA) Melbourne Polytechnic (MP).

Field Trip bertujuan memastikan lokasi Teaching Factory/Farm (TEFA) sebagai unit pembelajaran Dosen dan Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang Magang pada bulan Oktober 2019. 

Field Trip diawali pada fasilitas pembelajaran berbasis TEFA untuk peternakan, berdasarkan wawancara dengan Mr. James bahwa lokasi peternakan yang dimiliki MP seluas 700 ha, dengan komoditas yang diusahakan adalah sapi potong, domba dan kuda. Penggelolaan sudah secara mekanisasi dan digital yang terintegrasi dengan laboratorium yang ada di Kampus MP secara real time. Data real time meliputi data lingkungan, air, dan kondisi tanah, sehingga bisa dilakukan pengaturan suhu kelembaban, air, dan pupuk. Bahkan setiap saat melihat sapi melalui monitor. Tim juga melihat secara langsung fasilitas lahan dan pengolahan pakan secara mekanik dan pengaturan sapi pada padang penggembalaan berdasarkan umur dan jenis kelamin. Fasilitas belajar dan aktifitas pembelajaran di lapangan oleh dosen dan mahasiswa MP. (p/eg)